Cara Menghemat Uang


Tidak semua orang bisa me manage uang mereka dengan baik, sering kita menghabiskan uang jatah bulanan/ gaji tanpa jelas penggunaanya. Bahkan pelajaran di masa kecil yang kita dapat yaitu menabung acap kali terabaikan. Gengsi dan hobi mengalahkan akal sehat kita dan menjadi penyebab boros. Oleh karena itu ikuti tips berikut agar pengeluarnmu tidak membengkak dan kita dapat berhemat.

Cara menghemat uang:
1. Buat buku kas kecil untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran anda.
Dengan demikian kita tau berapa kebutuhan pokok kalian tiap bulannya, dan jangan sampai melewati anggaran yang ada. Jika memang perlu, perketat lagi pengeluaran.

2. Simpan/Musnahkan ATM dan Kartu Kredit
ATM dan kartu kredit membuat kita selalu punya fikiran ‘uangku masih ada’ dan membuai kita untuk selalu melakukan penarikan uang. Dengan begitu kapan kita bisa menabung?

3. Tekan Kembali Pengeluaran Besar Bulanan
Pengeluaran bulanan seperti listrik, bensin, dan pulsa. Pulsa yang membengkak dapat di akali dengan memaketkan gsm/cdma yang kita pakai/bln. Gunakan listrik seperlunya dan hemat BBM dengan berjalan kaki atau naik angkutan umum.

4. Makan dan Minum di rumah
Kebiasaan makan/jajan di luar bisa diganti dengan makan di rumah/ membawa bekal makanan dari rumah.

5. Kurangi Hobi Mahal dan Belanja
Menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan dan belanja ke mall memang mengasyikan, tapi bila itu dilakukan tiap hari, namanya pemborosan. Cobalah kurangi sedikit demi sedikit waktu kunjungan anda ke Mall. Masih banyak tempat yang asyik dan tentunya gratis yang bisa anda kunjungi, taman bermain misalnya.
Buat list belanja sehingga jumlah belanjaan tidak melebihi budget. Sebaiknya kita tidak berada terlalu lama di pusat perbelanjaan.

6. Evaluasi Gaya Hidup
Sadarilah kita bukanlah benda, tapi manusia. Kita tidak harus memakai, mengendarai atau menggunakan benda, mobil atau laptop terbaru dan teranyar. Cobalah kurangi nafsu anda untuk selalu uptodate dengan teknologi terbaru, sadarilah bahwa kemajuan teknologi (gadget, handphone, laptop atau mobil) selalu berkembang tiap hari. Jadi evaluasi apakah anda perlu selalu uptodate setiap hari dan setiap saat yang tentunya membutuhkan dana yang besar.

7. Kantongi uang receh/koin
Jangan menyepelekan uang koin kembalian saat belanja, atau yang kita berikan pada pengamen. Jika kita kumpulkan uang koin itu akan jadi banyak jumlahnya, bayangkan jika kita menyia-nyiakan uang koin senilai Rp 5 Rb tiap minggunya, apabila kita kumpulkan jumlahnya dalam 1 th sebesar Rp 240.000. Lumayan bukan??

8. Lunasi Hutang
Hutang memang solusi yang paling gampang jika kita sedang terdesak akan tetapi beban hutang yang kita tanggung tiap bulannya akan menggerogoti gaji bulanan kita, dan kita tidak bisa menabung. Apalagi jika hutang kita terkena bunga. Jadi alangkah baiknya lunasi hutang secepat mungkin sehingga kedepan kita tidak punya beban yang sia-sia.

9. Dana Cadangan
Buatlah dana cadangan minimal 6 bulan gaji. Hal ini diperlukan, jika sewaktu-waktu kita tidak bekerja lagi atau keadaan yang membuat kita harus beristirahat.

10. Terakhir,agak menjaga jarak dari teman-teman dengan gaya hidup boros
Bila punya teman yang kerjanya membeli baju dan tas model terbaru, hingga gadget paling canggih dan mobil paling keren setiap saat, juga makan di luar setiap hari dan hanya bersenang-senang selalu, lebih baik jaga jarak saja. Mereka mungkin sebenarnya adalah teman yang baik dan sama sekali ga bermaksud menyombong atau apapun, tapi berteman dengan orang yang demikian akan membawa kita terbawa dengan gaya hidupnya, yang sama sekali tidak mampu untuk Anda penuhi sebetulnya.

Gimana?? gampangkan?? selamat mencoba…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s